Wednesday, May 4, 2011

PUBLIC ENEMY - FEAR OF BLACK PLANET (1990) - "ramuan aktivisme dan break beat dalam panci besar hiphop "



 "PUBLIC ENEMY - FEAR OF A BLACK PLANET"

jujur saja Album ini adalah album hip-hop pertama yang saya miliki, dan salah satu album yang mengubah total seluruh gambaran tentang hip-hop di otak saya. "PUBLIC ENEMY - FEAR OF A BLACK PLANET" memiliki kenangan tersendiri buat saya. pasalnya, album ini merupakan album yang diberikan oleh pacar tercinta :) sebagai kado saat merayakan hari kelahiran saya yang ke 20 tahun. dan satu-satunya album yang paling lama dicerna secara keseluruhan oleh otak saya... secara musikalitas album ini terjamin membom-bardir telinga kalian yang sudah terbiasa dengan hip-hop mainstream. album ini berisikan letusan-letusan "jeep-beat neraka" super noise yang diletakkan diatas kumpulan sample berlapis-lapis menyaingi kerak surga, ditambah dengan potongan2 suara dari media massa yang ditempel pada hampir semua track di album ini  yang merupakan ciri khas yang pasti kalian temukan di album PUBLIC ENEMY berikutnya. dan hasilnya sebuah sound fantastis beberapa orang menyebutnya album dengan suara super sonic yang tak tertandingi di eranya, bahkan menurut saya sampai hari ini tak ada yang menyaingi keunggulan sound dari album ini....barisan dari "bomb squad" lah yang bertanggung jawab pada divisi sound dan beat dari album ini. sementara chuck d memperpanjang kontroversi barisan rima kolosalnya yang padat merayap dengan back up mc Flavor Flav, dan terminator-x yang memegang kontrol penuh dalam pengisian scratch sound pada tiap track di album ini.

 pada awalnya saya melihat ide dan isi album ini dalam kacamata hc/punk seperti sebuah album yang membongkar konspirasi dan kebusukan2 yang tersembunyi secara global. namun dengan pembawaan hip-hop, membuatnya sangat berbeda sekali. album ini memaksa saya untuk membaca artikel-artikel tentang kultur hip-hop serta mencoba memahami ide yang ada di belakangnya.

sebelumnya nama public enemy sudah dikenal dalam album fenomenal "It Takes a Nation of Millions to Hold Us Back" yang dikategorikan sebagai album klassik hip-hop.FEAR OF A BLACK PLANET secara resmi dirilis oleh def-jam records pada bulan maret 1990, sebuah era dimana pengakuan multikulturalisme sedang bergeliat dimana-mana dan ketegangan rasial yang masih membara di jalanan kota new-york. ,bagaimanapun album ini sudah dinanti-nanti oleh para penggila jeep-beat neraka. dan para kritikus yang sudah tidak sabar mengisi kolom-kolom dan menyebarkan berita dengan cerita-cerita bualan tentang bagaimana kelompok ini memicu kebencian rasial dengan lagu-lagu yang mempromosikan anti kulit putih. bahkan pemerintah AS harus memonitor output Public Enemy atas permintaan oleh Liga Pertahanan Yahudi yang tersinggung oleh isu - isu yang dimuntahkan oleh PUBLIC ENEMY.

track per track review :)

1)‘Contract On The World Love Jam’
 album kontroversial ini dibuka dengan ‘Contract On The World Love Jam’ sebuah track instrumental yang dibungkus dengan scratch di sana-sini dengan pelengkap potongan-potongan suara, yang dicomot dari para kritikus, berita, dll yang membuat output sound yang benar2 baru saat itu.. potongan yang paling fenomenal dan membuat track ini seolah menggemakan suara-suara dari mereka yang berbisik di jalan tentang keadaan di era itu yang sedang tidak baik-baik saja, diambil dari demonstrasi "the nation of islam" - "“there is something changing in the climate of consciousness on this planet today.”

2)Brothers Gonna Work it Out
setelah pembukaan album yang cukup panas track ke dua langsung menghantam dengan beat funk berat yang merayap di track ini dengan balutan rima dari chuck d yang menjawab situasi paranoia rasial yang berkepanjangan di kota new york dan sekitarnya pada saat itu. track pembukaan ini sudah memberikan gambaran tentang isu di album ini secara keseluruhan, sebuah era dimana gangster rap sedang bermekaran di westcoast dengan tema sex, violence and thug power, tapi public enemy memberikan sebuah pesan yang berbeda dan sangat mendidik

"United we stand, yes divided we fall / Together we can stand tall,"
"Brothers that try to work it out /
They get mad, revolt, revise, realize /
They're superbad / Small chance a smart brother's gonna be a victim of his own circumstance".

3)911 Is a Joke
salah satu track favorite saya di album ini yang menampilkan flavor flav sebagai mc utama, yang menebar pembawaan rima dengan style komikal dan humoris berlapis sebuah pesan yang serius. flavor flav menyerang "departemen panggilan layanan darurat atau 911" atas kesengajaan mereka untuk tidak datang dan menolong mereka yang tinggal di pemukiman kumuh "ghetto" dan pemukiman komunitas kulit hitam, yang seringkali mengakibatkan kematian karena tidak menerima pertolongan pertama...


Now I dialed 911 a long time ago
Don't you see how late they're reactin'
They only come and they come when they wanna
So get the morgue embalm the goner
They don't care 'cause they stay paid anyway
The reason that I say that 'cause they
Flick you off like fleas
They be laughin' at ya while you're crawlin' on your knees
And to the strength so go the length
Thinkin' you are first when you really are tenth
You better wake up and smell the real flavor
Cause 911 is a fake life saver

sedikit cerita tentang flavor flav, jika kalian pernah bertanya "dari mana datangnya sebuah trend para mc / rappers / hiphop heads yang memakai Teeth grills alias gigi besi.. flavor flav adalah orang yang bertanggung jawab mempopulerkan teeth grills pada awal tahun 80an, dan mulai booming ke seluruh dunia di video clip "911 is a joke"...

4)Incident at 66.6 FM
satu lagi track instrumental atau "prelude" yang berisi rekaman live kutipan2 pendapat dari masyarakat tentang PUBLIC ENEMY saat acara wawancara dengan chuck d di salah satu radio kecil di LA ... sebagian besar pendapat tentang public enemy cukup sarkastik seperti "people who wear PE shirts are scum"-"PUBLIC ENEMY SHOULD GO BACK TO AFRIKA"-" PE is bunch of crazy black people".chuck d dan kawan2 merepresentasikan track ini sebagai perlawanan balik (flip the script) dengan menggunakan komentar berbau rasial tentang PUBLIC ENEMY untuk menggambarkan dengan tepat mengapa mereka berjuang untuk menyebarkan pengetahuan dan informasi yang benar.

5) ‘Welcome To The Terrordome’

adalah track yang paling bombastis di album ini yang menurut saya membawa wajah hip-hop ke level yang lebih tinggi, salah satu track yang paling sering saya ulang-ulang karena sangat fresh dan hype...dibuka dengan kalimat "I got so much trouble on my mind I refuse to lose Here's your ticket Hear the drummer get wicked" dan merupakan potongan lirik yang paling sering dipakai / di daur ulang oleh para mc dari tahun ke tahun.... issue yang di tebar chuck d, tidak lain adalah perpanjangan dari pernyataan kontroversial member public enemy "professor griff"...Dalam sebuah wawancara pada tahun 1989 Mei untuk The Washington Times, ia dikutip mengatakan bahwa orang Yahudi adalah penyebab dari "mayoritas kejahatan" di dunia. ((yang dianggap anti - semit) dan tak lama setelah itu PUBLIC  ENEMY dihujani kritik dari organisasi-organisasi keagamaan, liberal rock critics, dan media massa memperparah dengan menambah tuduhan bahwa PUBLIC ENEMY adalah sekumpulan orang2 kulit hitam yang rasis,homophobic, and misogynistic. chuck d terdengar seperti marah pada seluruh dunia dan mencoba menjelaskan kesalahan persepsi masyarakat dalam melihat masalah tsb pada track ini, tanpa mengaburkan kebusukan sasaran utamanya yaitu "Jewish Defence League". bahkan dalam satu artikel dikatakan bahwa chuck d memang sengaja mengibarkan bendera perang dengan "JDL" disini. dan menginspirasi beberapa orang untuk membuat buku dan film dengan judul yang sama "WELCOME TO THE TERRORDOME"
track ini terbingkai rapih dengan barisan sample dari james brown "Cold Sweat", "I Got to Move", "Give It Up or Turnit a Loose", "Soul Power, Pts. 1 & 2", "Get Up, Get into It, Get Involved" - Instant Funk "I Got My Mind Made Up" - Kool & the Gang  "Jungle Boogie" - The Jackson 5 "Hum Along and Dance" - yang membuat beat di track ini padat, berat dan berisi.

6)Meet the G That Killed Me
chuck d kembali menuangkan aroma kontroversial pada track ini, dimana mereka membuat pernyataan yang jelas mengencingi semua pembenaran untuk menjadi seorang junkie (drugs addict) dan organisasi "pro-gay" dalam skala global ... dengan tidak bermaksud menyinggung pilihan / jalan hidup yang diambil seseorang untuk menjadi seorang gay, melainkan sebuah panggilan kesadaran untuk bangun menghentikan penyebaran AIDS.

7)Pollywanacraka
track dengan atmosfer dan pembawaan yang laid back dan chill dengan style + rima yang mengingatkan akan the "last poets" (spoken words) yang didandani groove yang funky .... track ini bercerita tentang laki-laki dan perempuan yang lebih mengejar materi dan sex tanpa memperdulikan kerusakan yang mereka buat bagi dirinya sendiri dan komunitas mereka. (sebuah masalah yang sampai hari ini masih terjadi)  

8)Anti-Nigger Machine
track ini dibuka dengan potongan sample yang berserakan dimana-mana .. lalu dilanjutkan dengan head banging break beat yang cukup panjang,saat pertama kali mendengar saya berfikir ini adalah track intrumental. tapi ternyata di ujung track,chuck-d menyentakkan rima kolosal yang merupakan cerita lanjutan dari track "Black Steel in the Hour of Chaos" pada album sebelumnya "It Takes a Nation of Millions to Hold Us Back".. dimana chuck-d mengomentari aparat penegak hukum dan sistem penjara yang berbau rasial.

9)Burn Hollywood Burn
track fenomenal dari PUBLIC ENEMY yang bekerjasama dengan dua kelas berat hip-hop, Big Daddy Kane dan Icecube untuk menyerang industri film (HOLLYWOOD) atau media massa secara keseluruhan yang memberi gambaran negatif dari orang kulit hitam di layar perak. track ini kemudian dipopulerkan kembali oleh RAGE AGAINST THE MACHINE bersama-sama dengan PUBLIC ENEMY.


10)Power To The People
PUBLIC ENEMY menyebarkan pesan politiknya dan menanggapai kritik tentang PUBLIC ENEMY dari komunitas African Americans... sedikit terdengar aneh memang, dimana beberapa komunitas kulit hitam di amerika yang banyak mengkritik keras public enemy dan bahkan ada beberapa partai kulit hitam tidak mendukung chuck d dan kawan2 pada saat itu. di track inilah chuck-d menyuarakan bahwa semua ras adalah setara dan mengajak semua lapisan untuk bersama-sama mengatasi depresi sosial dan ekonomi yang terjadi pada saat pergantian tahun 1990.. namun sedikit mengecewakan pada balutan beat yang memiliki tempo 125 beats per menit dan gabungan unsur miami bass, electro-boogie dengan tambahan denyut dari electro-boogie yang menurut saya terdengar seperti disco -rap???

11)Who Stole The Soul?
beat funky dan hype mendobrak dengan sample yang sangat kental dari james brown -"Make It Funky" membuat beat pada track ini sangat solid. pada barisan rima chuk-d dan flava-flav. bersahut-sahutan mengutuk sikap rasial industri rekaman yang menolak merilis artis kulit hitam dan membeberkan eksplotasi dari industri rekaman yang menyeragamkan semua musik atas nama pasar,trend, dan keuntungan.

12)Fear Of A Black Planet

track ini menurut pendapat saya merupakan track yang sangat provoking dan merangsang pemikiran dari keseluruhan lagu-lagu lain yang pernah direkam oleh PUBLIC ENEMY.
pada dasarnya saya menangkap pesan di lagu ini bahwa PUBLIC ENEMY mempertanyakan jati diri seorang anak manusia yang di beri label "RAS" dan telah berlangsung selama ber-abad-abad. PUBLIC ENEMY melakukan pemeriksaan manusia dan mempertanyakan bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri dan orang lain, sebuah bahan pemikiran berat yang mereka lempar adalah bahwa jika pasangan ras campuran punya bayi, maka bayi secara otomatis dianggap sebagai "hitam " dan PUBLIC ENEMY mempertanyakan mengapa anak-anak ras campuran dilihat di mata rasis sebagai "najis" "anak-haram". hal ini terlihat jelas di breakdown pada chorus yang menggambarkan situasi pemikiran/pandangan masyarakat terhadap situasi ini dengan fitur sampel vokal komedian dan aktivis Dick Gregory:

"Black Man, Black Woman, Black Baby;
 White Man White Woman, White Baby;
 Black Man, White Woman, Black Baby;
White Man, Black Woman, Black Baby"

secara keseluruhan track ini membahas akar ketakutan ras kulit putih terhadap ras afika-amerika kekhawatiran yang timbul khususnya dari para rasis (mereka yang memeluk faham white-supremacy) atas pengaruh miscegenation (perkawinan antara suku atau bangsa)
this is sum deep shit track!!!

13)Revolutionary Generation
upbeat,funk ass hell dan dipenuhi dengan swingbeat.. beat di track ini sangat dope. pada track ini chuck-d membentangkan lirik yang merayakan kekuatan dan pengorbanan wanita (feminism power)....salah satu topik yang lumayan jarang ditemui di musik hip-hop.

14)Can't Do Nuttin' For Ya, Man!

satu lagi track yang menonjolkan flava-flav sebagai mc utama, dengan lirik yang di-alamatkan kepada komunitas urban, ghetto,bronx, dan African-American dengan sebuah pesan kemandirian, dan mencela bantuan / sumbangan kesejahtraan pemerintah dengan materi pembelajaran yang dibeberkan sesuai pengalaman flava-flav yang bersentuhan langsung dengan "lingkungan miskin kota" disana 
"I was in my Corvette riding from Long Island going to The Bronx.
 I was slipping. I was roasting. I mean I was smoked-out crazy.
 And everybody kept asking me for stuff and yet nobody wanted to give me stuff.
So then if anybody ever asked me for something I would be like,
'Yo, I can't do nothing for ya man.'
track dengan beat party yang super fresh ini memuncak di nomor 11 Hot Rap Singles, dan merupakan soundtrack dari salah satu film komedi tahun 1990  House Party.

15)Reggie Jax
satu lagi track super dope di album ini semacam "shout out" track dengan freestyle rhyme dari chuck-d diiringi super head bangin slow-funk-cool jeep-beat yang menjamin telinga kalian untuk memutarnya ber-ulang-ulang kali.
  
"I never tried to pretend to have an
Accent that I never had
So why don't you stay away awhile
Come hear the freestyle
The quicker the sticks
With the guitar licks
Complete the beat for your feet"

16)Leave This Off Your Fu*Kin Charts

satu-satunya track di album ini yang menampilkan terminator-X dengan intensitas scratch yang sangat FRESH..  meninggalkan satu track dengan hanya di-isi oleh terminator-x, adalah sebuah penghormatan PUBLIC ENEMY terhadap TURNTABLISM yang merupakan salah satu akar tunjang dari kultur hip-hop (y'all must know bout that)

17)B Side Wins Again
adalah sebuah track daur ulang (remix) namun public enemy membuatnya terdengar seperti track yang sama sekali baru jika dibandingkan dengan versi originalnya, dan pada track ini chuck-d seperti kebakaran jenggot memaki para dj-dj di stasiun radio yang menolak memutar  lagu dari beberapa artist yang dianggap meresahkan dan tidak menjual dan sebagai pengganti mereka tetap pada playlist sampah yang yang meng-amini kemauan pasar..
output vocal chuck dan flav pun sengaja dibuat ala penyiar radio dan super raw as hell.. track ini kemudian di daur ulang oleh Dj SPOOKY dan DAVE LOMBARDO featuring CHUCK-D beberapa tahun kemudian.

18) War at 33 1/3
track yang diberi julukan "headphones experience track" dengan background sound dan kapasitas suara dan sample yang terbang keluar masuk dari headphones membuat kualitas track War at 33 1/3 tidak dapat tertandingi bahkan sampai hari ini. denga tema lirik provokatif dan mengajak untuk melawan balik setiap ketidak-adilan yang merebak di jalan.

"Can I live my life without 'em treatin'
Every brother like me like we're holdin'
A knife alright time to smack Uncle Sam
Don't give a damn, look at the flag
My bloods a flood
Without credit
Black and close to the edit
I fed it, you read it, just remember who said it
War at 33 1/3 not really live
I rather do it at 45"


19)Final Count Of The Collision Between Us And The Damned
intrumental track yang mengajak santai sejenak, setelah track sebelumnya yang menggebrak dengan cepat... dan merupakan pembukan (intro) untuk track berikutnya yang menggegerkan dunia hip-hop.

20)Fight The Power
track terakhir di album ini dan menjadi single hits dan soundtrack merupakan track fenomenal dari PUBLIC ENEMY yang kemudian memuncak di Billboard's Hot Rap Singles chart dan merupakan soundtrack dari film "Do the Right Thing" (sebuah film yang bercerita tentang ketegangan rasial di brooklyn)  pada tahun 1989.. funky break beat dan pandangan politik chuck-d berhamburan pada track ini... dan telah menjadi lagu terbaik sepanjang masa yang pernah direkam oleh PUBLIC ENEMY.    

secara keseluruhan album ini menciptakan alam semesta yang baru bagi saya yang di usung oleh PUBLIC ENEMY, dengan penggambaran karakter Yng memberi pemandangan emosi dan kesadaran kolektif secara langsung terhadap situasi dan keadaan masyarakat saat peluncuran album ini, fear of black planet berbicara tentang ras, seksualitas, hiburan, perang, penyakit, agama, filsafat, politik secara detail dan terang benderang dan membuat album ini adalah album yang tak tertandingi dalam sejarah hip-hop..........................

by: indraaargh :)"                        

                                        
"grab it while you still breath fellas"
"Contract on the World Love Jam" – 1:44
"Brothers Gonna Work It Out" – 5:07
"911 Is a Joke" (William Drayton, Sadler, Shocklee) – 3:17
"Incident at 66.6 FM" – 1:37
"Welcome to the Terrordome" – 5:25
"Meet the G That Killed Me" – 0:44
"Pollywanacraka" – 3:52
"Anti-Nigger Machine" – 3:17
"Burn Hollywood Burn"(Featuring Ice Cube And Big Daddy Kane) (Antiono Hardy, O'Shea Jackson, Ridenhour, Sadler, Shocklee) – 2:47
"Power to the People" – 3:50
"Who Stole the Soul?" – 3:49
"Fear of a Black Planet" – 3:45
"Revolutionary Generation" – 5:43
"Can't Do Nuttin' for Ya Man" – 2:46
"Reggie Jax" – 1:35
"Leave This Off Your Fu*kin Charts" (Norman Rodgers) – 2:31
"B Side Wins Again" – 3:45
"War at 33.3" – 2:07
"Final Count of the Collision Between Us and the Damned" – 0:48
"Fight the Power" (Ridenhour, Sadler, Hank Shocklee, Keith Shocklee) – 4:42

DOWNLOAD
  • rss
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Share this on Technorati
  • Post this to Myspace
  • Share this on Blinklist
  • Submit this to DesignFloat

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2011 AGNOSFREAK
Design costumized by Demurga